Jumat, 26 Agustus 2022

How To Be The F1

Resume ke-3 : How To be the F1 
Tanggal        : 26 Agustus 2022 
Narasumber : Maysaroh, M. Pd 
Moderator : Widya Setyaningsih
Pertemuan ke-3 kali ini dengan narasumber cantik yang pada BM angkatan 18 selalu menjadi orang nomor 1 yang selalu mengumpulkan tugas diurutan teratas bahkan menjadi penulis buku yang ditugaskan dalam 2 x 24 jam yang jika saya mungkinmembutuhkan waktu yang lama, buktinya tugas BM yang ke-3 rekan-rekan BM sudah 23 orang yang mengumpulakn baru saya mulai menulis dikarenakan kesibukan mengerjakan tugas CGP saya yang baru saja dimulai dan penulisan resume ini saya jadikan healing buat pribadi saya sendiri. 

Moderator cantik mengawali pertemuan dengan memperkenalkan narasumber secara rinci dan apik dengan berbagai kiasan-kiasan yang menyejukkan hati dengan tak lupa menuliskan acara malam tadi yang dimulai dari pendahuluan, pemaparan materi oleh narasumber, tanyajawab di media chat, dan yang terakhir penutup. Narasumber memberikan contoh resume yang dibuat oleh narasumber yang ketika itu beliau adalah salah satu peserta yang dijadikan contoh resume yang baik yaitu pada https://mutmainahqiandra.blogspot.com/2022/01/how-to-be-f1.html?m=1 

Mbak May menjelaskan jika tujuan resume kita menjadi sebuah buku diharuskan dengan menggunakan kaidah penulisan yang benar (EYD) dengan referensi materi yang diberikan banyak dengan tujuan memudahkan pada editing. Jika tujuan resume untuk dinikmati pembaca blooger, maka resume dibuat sederhana dengan gaya tulisan sendiri atau hasil pemikiran yang mencerminkan kekhasan penulis. 

Penulisan resume menurut Mbak May "gampang-gampang sulit" bahkan menurut pendapat saya yang pemula yaitu kebanyakan sulitnya he he he tapi saya yakin dan optimis jika diakhir pelatihan BM saya akan menjadi penulis yang selalu meluangkan waktu untuk menulis karena bayipun tidak akan bisa berjalan langsung tanpa melalui latihan berjalan. Jadi saat ini saya ibaratkan diri saya sebagai bayi yang baru bisa merangkak. 

Ada 2 hal yang Mbak May tuliskan yang menjadi poin dalam meresume yaitu: 1. Menghindari pembaca merasa jenuh. Bait yag digunakan pendek-pendek untuk membantu pembaca memahami intisari bacaan. 2. Menulis bahasa narasumber dengan tehnik parafrase (mengulang kembali dengan bahasa sendiri/kesimpulan dengan pendapat sendiri) "Menulis dapat dilakukan dengan menggunakan kata tanya apa, dimana, kemana, siapa, kenapa, dan bagaimana apabila langkah sebelumnya dianggap sulit" lanjut Mbak May 

Ada 6 langkah mudah meresume yaitu mengamati, memodifikasi, menghindari Copas alisa copy paste, memparafrase bahasa narasumber, memberi kesimpulan dan yang terakhir menulis dengan versi sendiri". Kadang kala sebagai pemula mindset saya bahwa menuis adalah bakat alami manusia tetapi dengan mengikuti BM perlahan-lahan pudar bahkan saat ini yang menjadi kendala adalah ketersediaan waktu. Jadi sekarang mari kita mulai belajarmenulis sebagai langkah awal menuju penulis hebat.


6 komentar:

  1. Semangat.. Mba. Malah saya belum dapat mentor. Tetapi semoga tidak dibiarkan begitu saja. Ada yang colek tulisan saya, untuk menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat. Tetap menulis mb karna nanti pasti ada yang mengundurkan diri. Japri aja salah satu mentor jika kesulitan. Insya Allah para Mentor berhati baik akan membantu dan menjawabnya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ayo pak Adhi, sd nulis juga. Biar ada teman seru-seruan dan bisa jd healing kita saat mengerjakan tugas CGP yang banyak itu

      Hapus
  3. Oke bagus Bu tulisannya sudah dibuat paragraf

    BalasHapus

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...