Minggu, 30 Oktober 2022

1.4 Refleksi Dwi Mingguan_Budaya Positif

 

Modul 1.4 Budaya Positif

Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1.  Facts  (Peristiwa):

Pembelajaran pada minggu ini berkaian dengan kasus yang dialami dan dihadapi guru di lingkungan sekolah. Pada penerapan aksi nyata seringkali guru berada pada posisi penghukum dan pembuat merasa bersalah. Hal baik yang saya alami dalam proses tersebut yaitu kesulitan menyelesaikan kasus untuk memposisikan diri di posisi menejer. Ketika di kelas seorang siswa membua sebuah kasus yaitu siswa makan saat belajar berkelompok dimana saya saat itu mencoba memposisikan diri pada posisi menejer tetapi lima menit kemudian siswa tersebu melakukan kasus yang sama juga. Yang saya lakukan yaitu mengingakan kesepakan kelas yang dibuat dan menyita makanan yang masih tersisa tersebu.

2.  Feelings  (Perasaan)

Perasaan sedih ketika siswa melakukan kesalahan yang sama oleh siswa itu saja. Susah karena masih belajar di posisi menejer. Bahagia ketika sudah pelan-pelan memposisikan diri pada posisi teman, pemantau, dan menejer dalam kasus-kasus siswa di sekolah. Bahagia pula ketika dapa mengimbaskan posisi control ke dua rekan guru.

3.  Findings  (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapakan dari proses ini adalah bahwa seorang guru untuk berada di posisi teman, pemanau, ataupun menejer perlu kesabaran dan sikap yang terus menerus atau posisi yang baik tidak dapat dilakukan hanya sekali. Hal baru yang saya keahui mengenai diri saya seelah proses ini adalah bahwa saya sering kali melakukan posisi penghukum dan pembua merasa bersalah. Keyakinan kelas juga perlu di lakukan dan diingakan ke siswa secara berkala sehingga siswa akan terbiasa untuk menjadi pelajar yang baik yaiu profil pelajar pancasila.

4.  Future  (Penerapan)

Yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan yaitu terus menjadi guru yang berada di posisi teman, pemanau, dan menejer dengan mengusahakan diri di posisi menejer walaupun membutuhkan waktu yang lama. Aksi/tindakan yang saya lakukan setelah belajar dari perisiwa ini yaitu bagaimana menjadi posisi menejer disetiap kasus di sekolah ataupun bisa diterapkan di rumah ketika ada kasus yang perlu ditangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...