Selasa, 08 November 2022

RPP Berdiferensiasi_SD Kelas 5_Materi Iklan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

(RPP) BERDIFERENSIASI

 

Sekolah                       : SDN 1 BELEKA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : V/ Ganjil

Materi Pokok              : Iklan

Kompetensi Dasar      : 3.4  Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

Alokasi Waktu            : 3 JP (3x40 menit)/ 1xpertemuan

Pertemuan                   : 2

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, Murid diharapkan dapat:

  • 1.      Menyebutkan ciri-ciri iklan (C1)
  • 2.      Mengemukakan kata kunci pada iklan (C3)
  • 3.      Merancang sebuah iklan (C6)

 

B.  Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar

Media              : Lembar kerja, lembar penilaian, konten youtube, , WA.

Alat/Bahan      : Laptop, LCD, Keras HVS

Sumber            : Buku paket bahasa Indonesia siswa kelas V dari Kemendikbud, link youtube yang berkaitan dengan iklan  

 

C.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

  • ·       Pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran Murid.
  • ·    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman Murid dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  • ·     Menyampaikan dan motivasi tentang apa tujuan dan manfaat dengan mempelajari materi: iklan
  • ·    Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.
  • ·    Murid secara berkelompok (berdasarkan baris tempat duduk) secara bergilir dengan metode Round Robin Brainstone (RRB) dibagikan kertas kosong dan spidol. Murid paling depan menuliskan jawaban berdasarkan pertanyaan pemantik yang diberikan Guru yaitu “tuliskan nama iklan yang ada di televisi yang pernah dilihat atau ditonton”

 

Kegiaan Inti (85 menit)

Literasi

  • ·         Murid diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskan kembali isi iklan pada iklan yang disajikan guru pada LCD
  • ·         Bagi Murid yang memiliki gawai dapat membuka link tersebut, sedangkan bagi

yang tidak memiliki gawai maka diminta untuk membaca materi dalam buku

paket (Diferensiasi proses kesiapan belajar/readiness)

Berpikir Kritis 

  • ·         Murid diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi hal yang belum dipahami,

dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat praduga dalam iklan

  • ·         Murid mengidentifikasi diri mengenai ketertarikan pada iklan media cetak ataupun media elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)
  • ·         Selain itu, Murid diperbolehkan juga memilih iklan media cetak maupun elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)

Kolaborasi  

  • ·         Murid dibentuk dalam beberapa kelompok (minimal 2 orang) berdasarkan minat

pada iklan media cetak maupun media elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)

  • ·         Masing-masing kelompok berdiskusi tentang iklan yang ingin dibuat dengan media Canva atau dengan menggambar langsung guna mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai hal-hal yang penting untuk ditulis dalam iklan yang telah dipilih

Komunikasi

  • ·         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil iklan yang dibuat termasuk ciri-ciri dan kata kuncinya (Diferensiasi proses dan diferensiasi hasil)

Kreativitas

  • ·         Murid secara individu membuat sebuah iklan dengan canva yang hasilnya di share ke group WA dan yang tidak mempunyai gawai membuat desain iklan dengan menggambarkannya pada kertas HVS yang dibagikan Guru (Diferensiasi produk berdasarkan profil belajar murid dan Diferensiasi Konten)
  • ·         Sebelum tugas dikumpulkan, Murid diperintahkan untuk melakukan penyuntingan desain warna, isi dan tata bahasa.
  • ·         Hasil  pekerjaan  membuat  komentar  dan  tanggapan  yang  dikumpulkan  boleh  memilih berupa  teks  tertulis,  rekaman  audio,  maupun  audio  visual (Diferensiasi Konten).  Jika  tertulis  maka dikumpulkan langsung dengan stick note yang dibagikan Guru sedangkan yang dalam bentuk  rekaman  audio  maupun  audio  visual  bisa  melalui  WAG (Diferensiasi produk berdasarkan profil belajar murid)

Kegiatan Akhir (20 menit)

·      Refleksi dengan LKPD Four Square (Diagram empat kotak) yang berisi materi, kata-kata yang terasosiasi, definisi dan gambar pada sebuah keras HVS yang dibagikan Guru. (Diferensiasi Produk)

·      Murid menempelkannya pada tempat pemajangan hasil (tembok kelas, papan pajangan) (Diferensiasi Produk)

·      Guru menutup pembelajaran dengan salam

DPenilaian Hasil Pembelajaran

  • ·         Penilaian sikap (observasi sikap selama mengikuti pmebelajaran dan ketepatan pengumpulan tugas)
  • ·         Penilaian Pengetahuan (menunjukkan kemampuan dan pengetahuan dalam menulis komentar dan tanggapan)
  • ·    Penilaian Keterampilan (berupa penilaian komentar dan tanggapan tertulis, rekaman audio, maupun audio visual)

 

Lombok Barat,  Oktober 2022

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                               Guru Kelas V

 

 

 

(Abdurrahman Jaelani, S.Pd)                                                                          (Suartini Iklima, S.Pd)

 

PENILAIAN SIKAP

Strategi            : Observasi                                                            

Alat                 : Catatan anekdot

No

Nama

Catatan Sikap/Tanggal

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

INDIKATOR

CHECKLIST

CATATAN

 

Pengetahuan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

 

Menunjukkan pengetahuan mengenai

hal-hal yang penting untuk ditulis dalam

buku fiksi maupun nonfiksi

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Berkomentar dan

Memberika Tanggapan dalam

Bentuk Tertulis, Audio, Audio

Visual

 

 

 

 

 

Kosakata      

 

 

 

 

Kaidah Kebahasaan      

 

 

 

 

Struktur Teks       

 

 

 

 

Kreativitas    

 

 

 

 

 

EVALUASI DIRI DAN TINDAK LANJUT

No

Aspek

Deskripsi Faktual

1

Kelebihan Pembelajaran

 

2

Kekurangan Pembelajaran

 

3

Kendala Pembelajaran

 

4

Catatan Khusus

 

5

Rekomendasi

 

6

Rencana  Tindak Lanjut

 

7

Lain-lain

 

.     

  

1 komentar:

  1. Mantap ... Lanjutkan ke tugas berikutnya dan tetap semangat membawa perubahan

    BalasHapus

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...