RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
(RPP)
BERDIFERENSIASI
Sekolah :
SDN 1 BELEKA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
V/ Ganjil
Materi Pokok :
Iklan
Kompetensi Dasar : 3.4 Menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
Alokasi Waktu :
3 JP (3x40 menit)/ 1xpertemuan
Pertemuan :
2
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, Murid
diharapkan dapat:
- 1. Menyebutkan
ciri-ciri iklan (C1)
- 2. Mengemukakan
kata kunci pada iklan (C3)
- 3. Merancang
sebuah iklan (C6)
B. Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
Media :
Lembar kerja, lembar penilaian, konten youtube, , WA.
Alat/Bahan :
Laptop, LCD, Keras HVS
Sumber : Buku paket bahasa Indonesia siswa
kelas V dari Kemendikbud, link youtube yang berkaitan dengan iklan
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Awal (15 menit)
- · Pembukaan dengan salam dan berdoa untuk
memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran Murid.
- · Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman Murid dengan materi sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
- · Menyampaikan dan motivasi tentang apa
tujuan dan manfaat dengan mempelajari materi: iklan
- · Menjelaskan hal-hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.
- · Murid secara berkelompok (berdasarkan
baris tempat duduk) secara bergilir dengan metode Round Robin Brainstone (RRB)
dibagikan kertas kosong dan spidol. Murid paling depan menuliskan jawaban
berdasarkan pertanyaan pemantik yang diberikan Guru yaitu “tuliskan nama iklan
yang ada di televisi yang pernah dilihat atau ditonton”
Kegiaan
Inti (85 menit)
Literasi
- · Murid diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskan kembali isi iklan pada iklan yang disajikan guru pada LCD
- ·
Bagi Murid yang memiliki gawai dapat
membuka link tersebut, sedangkan bagi
yang tidak memiliki gawai maka
diminta untuk membaca materi dalam buku
paket (Diferensiasi proses kesiapan belajar/readiness)
Berpikir
Kritis
- ·
Murid diberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual
sampai kepertanyaan yang bersifat praduga dalam iklan
- ·
Murid mengidentifikasi diri mengenai
ketertarikan pada iklan media cetak ataupun media elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)
- · Selain itu, Murid diperbolehkan juga memilih iklan media cetak maupun elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)
Kolaborasi
- ·
Murid dibentuk dalam beberapa kelompok
(minimal 2 orang) berdasarkan minat
pada iklan media cetak maupun media
elektronik (Diferensiasi proses
berdasarkan minat)
- ·
Masing-masing kelompok berdiskusi
tentang iklan yang ingin dibuat dengan media Canva atau dengan menggambar
langsung guna mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai hal-hal yang penting untuk ditulis dalam iklan yang
telah dipilih
Komunikasi
- ·
Perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil iklan yang dibuat termasuk ciri-ciri dan kata kuncinya (Diferensiasi
proses dan diferensiasi hasil)
Kreativitas
- ·
Murid secara individu membuat sebuah
iklan dengan canva yang hasilnya di share ke group WA dan yang tidak mempunyai
gawai membuat desain iklan dengan menggambarkannya pada kertas HVS yang dibagikan
Guru (Diferensiasi produk berdasarkan
profil belajar murid dan Diferensiasi Konten)
- ·
Sebelum tugas dikumpulkan, Murid
diperintahkan untuk melakukan penyuntingan desain warna, isi dan tata bahasa.
- ·
Hasil
pekerjaan membuat komentar
dan tanggapan yang
dikumpulkan boleh memilih berupa teks
tertulis, rekaman audio,
maupun audio visual (Diferensiasi
Konten). Jika tertulis
maka dikumpulkan langsung dengan stick note yang dibagikan Guru sedangkan
yang dalam bentuk rekaman audio
maupun audio visual
bisa melalui WAG (Diferensiasi
produk berdasarkan profil belajar murid)
Kegiatan
Akhir (20 menit)
·
Refleksi dengan LKPD Four Square
(Diagram empat kotak) yang berisi materi, kata-kata yang terasosiasi, definisi
dan gambar pada sebuah keras HVS yang dibagikan Guru. (Diferensiasi Produk)
·
Murid menempelkannya pada tempat
pemajangan hasil (tembok kelas, papan pajangan) (Diferensiasi Produk)
· Guru
menutup pembelajaran dengan salam
D. Penilaian
Hasil Pembelajaran
- ·
Penilaian sikap (observasi sikap selama
mengikuti pmebelajaran dan ketepatan pengumpulan tugas)
- ·
Penilaian Pengetahuan (menunjukkan
kemampuan dan pengetahuan dalam menulis komentar dan tanggapan)
- · Penilaian Keterampilan (berupa penilaian
komentar dan tanggapan tertulis, rekaman audio, maupun audio visual)
Lombok Barat, Oktober 2022
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru
Kelas V
(Abdurrahman
Jaelani, S.Pd) (Suartini
Iklima, S.Pd)
PENILAIAN
SIKAP
Strategi : Observasi
Alat :
Catatan anekdot
No |
Nama |
Catatan Sikap/Tanggal |
Keterangan |
||
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN
PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
INDIKATOR |
CHECKLIST |
CATATAN
|
||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai
terlihat
|
|
Menunjukkan
pengetahuan mengenai hal-hal
yang penting untuk ditulis dalam buku
fiksi maupun nonfiksi
|
|
|
|
|
Keterampilan
Berkomentar dan Memberika
Tanggapan dalam Bentuk
Tertulis, Audio, Audio Visual
|
|
|
|
|
Kosakata |
|
|
|
|
Kaidah
Kebahasaan |
|
|
|
|
Struktur
Teks |
|
|
|
|
Kreativitas |
|
|
|
|
EVALUASI
DIRI DAN TINDAK LANJUT
No |
Aspek |
Deskripsi
Faktual |
1 |
Kelebihan
Pembelajaran |
|
2 |
Kekurangan
Pembelajaran |
|
3 |
Kendala
Pembelajaran |
|
4 |
Catatan
Khusus |
|
5 |
Rekomendasi |
|
6 |
Rencana Tindak Lanjut |
|
7 |
Lain-lain |
|
.
Mantap ... Lanjutkan ke tugas berikutnya dan tetap semangat membawa perubahan
BalasHapus