Refleksi Dwi Mingguan Modul 2. 1
MODEL 4 F
1.
Facts (Peristiwa):
Pegalaman saya mengikuti pembelajaran
pada minggu ini yaitu dengan banyaknya keunikan murid maka guru harus melakukan
berbagai variasi dalam mengajar sehingga kebutuhan belajar murid dapat terpenuhi.
Saat melaksanakan aksi nyata di dalam kelas dengan menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi dimana murid diminta memilih konten yang diinginkan untuk
menyelesaikan tugas (murid yang mempuyai gawai mengerjakan tugas dengan
gawainya dan murid yang tidak mempunyai hp mengerjakan tugas dengan lembaran
yang di bagikan Guru sedangkan murid juga dapat mengumpulkan tugas dengan
menceritakan langsung). Hambatan yang asaya aami selama proses pembelajaran
adalah pada penilaian. Yang saya lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan
melihat ketercapaian tujuan pembelajarannnya.
2.
Feelings (Perasaan):
Perasaan saya selama pembelajaran
berlangsung yaitu sangat bahagia tak kala murid dapat menyelesaiak tugasnya
sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Yang saya rasakan ketika menerapkan aksi
nyata ke dalam kelas yaitu sangat bahagia dan terharu ketika beberapa siswa
mengirimkan link blognya di group WAG yang dikomentari oleh teman bahkan wali
murid yang tergabung di WAG.
3.
Findings (Pembelajaran):
Pelajaran yang saya dapatkan dari proses
ini yaitu bahwa guru harus mampu memetakan kebutuhan belajar muridnya dengan
menyiapkan kebutuhan beajarnya mulai dari kesiapan belajar, minat, dan profil
belajar murid dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses,
dan produk). Hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini
yaitu bahwa selama ini saya sering melakukan pembelajaran berdiferensiasi
tetapi baru mengetahui istilahnya.
4.
Future (Penerapan):
Yang bisa saya lakukan dengan lebih baik
jika saya melakukan serupa di masa depan yaitu menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi. Aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari
peristiwa ini yaitu dalam pembelajaran di kelas akan sering menggunakan
pembelajaran berdiferensiasi agar kebutuhan belajar murid dapat terpenuhi
dimana Guru dan Siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul 2.1 adalah CGP dapat :
BalasHapus1. Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
2. Menjadi teladan dalam melakukan praktek-praktek reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.