Senin, 14 November 2022

Modul 2.1. Pembelajaran Berdiferensiasi_Model 4F_Refleksi Dwi Mingguan

 

Refleksi Dwi Mingguan Modul 2. 1

MODEL 4 F

1.             Facts  (Peristiwa):

Pegalaman saya mengikuti pembelajaran pada minggu ini yaitu dengan banyaknya keunikan murid maka guru harus melakukan berbagai variasi dalam mengajar sehingga kebutuhan belajar murid dapat terpenuhi. Saat melaksanakan aksi nyata di dalam kelas dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dimana murid diminta memilih konten yang diinginkan untuk menyelesaikan tugas (murid yang mempuyai gawai mengerjakan tugas dengan gawainya dan murid yang tidak mempunyai hp mengerjakan tugas dengan lembaran yang di bagikan Guru sedangkan murid juga dapat mengumpulkan tugas dengan menceritakan langsung). Hambatan yang asaya aami selama proses pembelajaran adalah pada penilaian. Yang saya lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan melihat ketercapaian tujuan pembelajarannnya.

 

2.             Feelings  (Perasaan):

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung yaitu sangat bahagia tak kala murid dapat menyelesaiak tugasnya sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas yaitu sangat bahagia dan terharu ketika beberapa siswa mengirimkan link blognya di group WAG yang dikomentari oleh teman bahkan wali murid yang tergabung di WAG.

 

3.             Findings  (Pembelajaran):

Pelajaran yang saya dapatkan dari proses ini yaitu bahwa guru harus mampu memetakan kebutuhan belajar muridnya dengan menyiapkan kebutuhan beajarnya mulai dari kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk). Hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini yaitu bahwa selama ini saya sering melakukan pembelajaran berdiferensiasi tetapi baru mengetahui istilahnya.

 

4.             Future  (Penerapan):

Yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan serupa di masa depan yaitu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini yaitu dalam pembelajaran di kelas akan sering menggunakan pembelajaran berdiferensiasi agar kebutuhan belajar murid dapat terpenuhi dimana Guru dan Siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

1 komentar:

  1. Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul 2.1 adalah CGP dapat :
    1. Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
    2. Menjadi teladan dalam melakukan praktek-praktek reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...