Selasa, 22 November 2022

Koneksi Antar Materi Modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional_CGP.06

 

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL


1.      Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa saya mengajar dengan berbagai ice breaking sudah cukup dapat mengembalikan semangat murid yang konsentrasinya menurun dengan penguasaan ice breaking yang saya kuasai sehingga murid emosinya kembali baik.
Setelah mempelajari modul ini, ternyata
saya harus lebih banyak belajar lagi dan menerapkannya di kelas.

2.      Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being),  3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah:

a.       mendesain pengalaman belajar dan lingkungan belajar dengan menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid agar murid dapat mencapai tujuan pembelajarannya

b.      menciptakan pengalaman dan lingkungan belajar yang memperhatikan kebutuhan sosial dan emosional murid

c.       menuntun kodrat murid dan membimbing mereka agar dapat  mengeksplorasi dan mengaktualisasikan seluruh potensi dalam dirinya setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat, hingga dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaannya.

3.      Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di  kelas dan sekolah:

a.       bagi murid-murid:

Menerapkan atau mengimplementasikan KSE dalam pembelajaran di kelas

b.      bagi rekan sejawat:

Melakukan pengimbasan atau desiminasi tentang penerapan KSE di sekolah atau kelas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...