Jumat, 14 Oktober 2022

Mengirim Tulisan di Majalah Suara Guru

 Resume ke-25

Tanggal            : 12 Oktober 2022

Tema                : Mengirim Tulisan di Majalah Suara Guru

Narasumber     : Catur Nurrochman Oktavian, M. Pd

Moderator        : Helwiyah


Resume ini ditulis tanggal 14 Oktober 2022 dikala kondisi sudah agak baikkan. Saat pelatihan ini berlangsung, kondisi saya sedang kurang sehat. Dari sore hp off jadi tidak tau ada kegiatan pelatihan dimana pelatihan kali ini tidak seperti biasanya yaitu melalui zoom. Hari berikutnya baru saya on hp dimana saya membaca dari rekan-rekan peserta pelatihan banyak yang terkendala signal. Berkali-kali terpental keluar room bahkan ungkapan beberapa peserta yang saya baca di WAG.

Resume kali ini dengan membaca beberapa resume rekan lain yang saya terjemahkan kembali dengan bahasa saya agar tidak menjadi plagiat yang akan merusak citra diri dan merendahkan harga diri dengan gaya saya sendiri.

Berikut pelatihan ke-23 yang dapat saya petik:

Narasumber kali ini yaitu pak Catur (Sapaan akrab Catur Nurrochman Oktavian, M. Pd) dengan narasumber Bunda Hel (Sapaan akrab Helwiyah).

Suara Guru diterbitkan di tahun 1950 oleh para Pengurus Besar PGRI. Rubrik pada majalah Suara Guru yaitu seputar opini, organisasi, inspiratif, bahasa, sastra, destinasi, resensi, dan lainnnya dengan rubrik utamannya yaitu Suara Utama.

Majalah Suara Guru bersifat nasional yang jika kita menulis dan untuk menjadi kenaikan pangkat maka nilai kreditnya 2 untuk satu naskah tulisan kita di majalah ini. 

Berikut penulisan naskah kita di majalah Suara Guru yang dapat dipedomani:

  1. Jumlah kata 500-700 kata.
  2. Diketik dengan font "Time New Roman/TNR", size 12, bold 14.
  3. Mudah dipahami.
  4. Tidak pernah ditulis di media lainnnya atau dipublikasikan di media lain.
  5. Tidak mengandung sara
  6. Tidak boleh plagiat, haru karya sendiri dengan tidak menjiplak karya orang lain.
  7. Tidak mendiskriminasikan orang, harus netral
  8. Info harus aktual, tajam, dan terpecaya. Usahakan naskah yang sedang trending.
  9. Jika naskah sudah dikirim di Suara Guru maka tidak boleh dituliskan kembali di media lainnnya
  10. Menggunakan kaidah penuisan KBBI
Rubrik Sastra
Berisi puisi, pantun, dan Cerpen.

Rubrik Desstinasi
Berisi jalan-jalan, healing, wisata dan lainnnya.

Rubrik Resensi
Berisi film atau buku.

Honor penulis
Naskah yang kita kirim sampai saat ini bersifat sukarela artinya honor naskah tidak ada.

Penerbitan Majalah
Majalah Suara Guru diterbitkan dua bulan sekali.

Tehnik mendapatkan majalah Suara Guru
Dengan memesan Majalah Suara Guru pada ibu Widya (087882289299) atau dapat juga mengubungi Bapak Tyas (085814213474). Dapat juga ke email: majalah.suaraguru@gmail.com.

Demikian materi pelatihan ke-23 yang dapat saya petik dari blog rekan-rekan peserta BM-27 yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Semoga kita dapat berkonstribusi menjadi salah satu penulis di majalah Suara Guru sebagai bentuk bahwa kita dapat menyuarakan suara kita dalam bentuk tulisan yang dapat dikenang walaupun kita sudah tiada.


1 komentar:

  1. Bermanfaat nih. Untuk modal kirim tulisan ke Suara Guru. Makasih Bu artikelnya..

    BalasHapus

2.3.a.4.1.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan

 Beriku t ma teri yang saya ambil pada LMS CGP 06  tugas Eksplorasi Konsep dimana CGP harus menjawab dua per tanyaan yai tu: Dari beberapa d...